Pelatihan Tata Kelola Keuangan Nagari dan Bimbingan Teknis Sistem Keuangan Desa Tahun 2018

Aan Haryono 29 Sep 2018, 14:19:21 WIB Bidang Keuangan dan Aset Nagari

Keterangan Gambar : Pembukaan Pelatihan Tata Kelola Keuangan Nagari dan Bimtek Siskeudes Tahun 2018

Bupati Solok H. Gusmal SE, MM membuka secara resmi Pelatihan Tata Kelola Keuangan Nagari dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) bagi para Aparatur Pemerintah Nagari se-Kabupaten Solok. Acara ini dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 24 s/d 27 September 2018 bertempat di Grand Zuri Hotel Padang,

Dalam laporannya, Kadis PMN Kabupaten Solok Medison, S.Sos.M.Si menyampaikan bahwa, tujuan dilaksanakannya Bimtek ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengelolaan keuangan di nagari. Seperti yang diketahui, pada Tahun 2018, nagari mengelola dana sebesar lebih kurang 135 Milyar Rupiah. Anggaran tersebut terdiri dari 72.5 Milyar bersumber dari APBD dan 62.9 Milyar bersumber dari APBN. Medison, S.Sos.M.Si menambahkan bahwa kegiatan ini  diikuti oleh 74 Sekretaris Nagari dan 74 bendahara/operator nagari. Tujuannya tidak lain agar perangkat nagari, lebih memahami lagi penggunaan dan penerapan Aplikasi SISKEUDES dalam pengelolaan dana nagari/desa.

Bupati dalam sambutannya berharap, agar setiap nagari yang hadir dapat meningkatkan potensi  dan pembinaan sumber daya manusianya. Bupati menambahkan, setiap aparatur nagari agar meningkatkan kemampuan dan kualitas, agar mampu bersaing lebih baik lagi, dan dapat memaksimalkan pengelolaan keuangan nagari, yang disertai dengan prinsip akuntabilitas. Di akhir sambutannya, Bupati juga berpesan agar nagari lebih mandiri dalam mengelola seluruh potensi dan sumber daya yang dimiliki. Dengan adanya SISKEUDES diharapkan pemerintah nagari dapat mewujudkan tata kelola keuangan nagari yang bersih, tertib, efektif dan efisien. (aan)

Berita Terkait

Komentar Dari Facebook

Berikan komentar

BERITA POPULER