Sosialisasi Pilwana Serentak Kabupaten Solok Tahun 2017

admin 31 Mar 2017, 21:26:18 WIB Aplikasi dan Telematika

Keterangan Gambar :

Arosuka – Pemerintah Kabupaten Solok melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) melaksanakan sosialisasi tentang Pemilihan Walinagari Secara Serentak kepada jajaran dari kepolisian serta seluruh aparat Nagari dan Kecamatan  yang akan melaksanakan pemilihan Walinagari pada Tahun 2017 ini, Senin (8/5) di  ruang Pelangi, Komplek Kantor Bupati Kab Solok.

Medison, Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Solok dalam kesempatan ini menyampaikan pada tahun 2017 ini ada 16 (enam belas) Nagari yang akan melaksanakan “Pilwana” (Pemilihan Walinagari) yakni Nagari Aripan, Salimpek, Alahan Panjang, Kampuang Batu Dalam, Panyakalan, Lolo, Jawi-jawi, Aia Luo, Paninggahan.

Selanjutnya Nagari Bukit Tandang, Muaro Paneh, Kinari, Paninjauan, Kuncie, Sibarambang, dan Koto Sani.

Adapun dalam menghadapi Pilwana ini ada 5 (lima) tahapan yang harus dilakukan yaitu tahap persiapan, pencalonan wali nagari, pendaftaran, pemilihan, dan terakhir pelantikan.

“Tujuan utama Sosialisasi Tahapan Pilwana Serentak ini agar nantinya disaat pelaksanaanya semua stakeholder yang terlibat dalam rangkaian pilwana tahun 2017  menpunyai satu pemahaman dan informasi awal sama tentang pelaksanaan Pilwana serentak di Kabupaten Solok 2017.

Selanjutnya pihaknya akan melakukan persiapan yang matang demi suksesnya Pesta Demokrasi di Nagari ini, serta terlaksananya pemilihan Walinagari dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil”, tutur Medison, S.Sos. M.Si.

Sementara itu, Bupati Solok Gusmal Dt Rajo Lelo mengatakan Pilwana Serentak ini adalah sarana edukasi politik bagi masyarakat nagari dalam menyalurkan hak politiknya, agar partisipasi masyarakat dalam Pilwana ini semakin meningkat dan sadar bahwa 1(satu) suara pemilih itu sangat berarti untuk pembangunan Nagari 5 (lima) tahun kedepan.

“Pemerintahan Nagari adalah garda terdepan dalam pelaksanaan program 4 pilar Pemerintah Kabupaten Solok, tentu diharapkan partisipasi dan peran serta dari masyarakat Kabupaten Solok untuk menyukseskan Pilwana tahun 2017 ini “, tutur Gusmal.

Adapun pemilihan Walinagari serentak di Kabupaten Solok ini akan dilaksanakan pada 27 Juli 2017 mendatang.

Berita Terkait

Komentar Dari Facebook

Berikan komentar